Minggu, 23 Agustus 2009

Tips Berbisnis Aman Via Internet

Mengamati perkembangan internet sebagai media komunikasi yang akhir-akhir ini menunjukkan kemajuan yang sangat pesat, semakin canggih. Mampu menerobos segala aktifitas manusia dengan berbagai aspeknya seakan mengiringi nafas kehidupan. Tidak terlepas dalam kegiatan manusia untuk mencari rejeki, ditemukan banyak sekali jenis serta model mencari income di jagad maya ini.

Dengan berbagai dasar pemikiran, wawasan, motifasi, dan juga karakter individu lewat internet banyak yang membuat program dengan menjual keanggotaan. Cara kerja yang dijanjikan mudah dan cepat kaya !. Cukup mengirimkan sejumlah uang sebagai pendaftaran membership (keanggotaan), setelah itu member diarahkan mencari down line. Down line yang baru masuk mengirimkan uang ke rekening member yang lebih dulu masuk sebagai sponsor begitu dan seterusnya.
System bisnis seperti di atas memang secara system sangat menguntungkan bagi pengelola dan member awal karena akan selalu mendapatkan aliran uang masuk dari member baru. Mereka mempropagandakan compagne ”iklan“ Anda tidak perlu menjual produk !.

Ya, Tanpa adanya barang/produk/jasa yang diperjualbelikan. Model mencari keuntungan yang tidak mengindahkan etika bisnis, apakah system bisnisnya memungkinkan orang lain menanggung dirugikan atau tidak.
Sehubungan dengan itu bagi insan yang memperhatikan dengan mutawari’ ( hati-hati) dalam hal mencari rejeki maka perlu diperhatikan beberapa hal. Mengingat segala macam apa yang kita dapatkan, rejeki yang kita peroleh untuk belanja kebutuhan keluarga, memberi makan istri dan anak kelak akan dipertanyakan.

Bagi kita yang percaya dengan hari kebangkitan, hari pembalasan akan selalu berhati-2 dalam berpikir dan bertindak.
Saudara, berikut ini beberapa hal sebagai bahan pertimbangan dalam mengikuti sebuah bisnis via internet anta lain :
  1. Bahwa suatu bisnis ( tijaroh/jual beli) di dunia nyata(off line) maupun via internet salah satu syarat adalah diperjualbelikannya barang/ produk/ jasa yang merupakan nilai tukar dari jumlah nimonal uang yang diserahkan.
  2. Suatu produk/barang/jasa yang diperjualbelikan hendaknya riel / nyata yang benar-benar mempunyai nilai guna (usefull) bukan sekedar “ brand atau judul program “ sebagai simbul / kamuflase untuk menutupi system dan meningkatkan daya tarik belaka.
  3. Produk “ bernilai guna “ biasanya dibeli oleh konsumen berdasarkan tuntutan pemenuhan kebutuhan atau azas manfaat, Contoh seorang yang sakit kemudian membeli obat/jamu, minuman kesehatan dengan tujuan ingin badannya sembuh. Orang membeli produk informasi dengan berlangganan surat kabar dll. Antara penyedia barang/jasa atau penjual dan pemakai/pembeli mempunyai hasil akhir berprinsip “win to win “ untung-menguntungkan, tidak ada pihak yang “dirugikan”. Perusahaan surat kabar mendapatkan laba dari omzet penjualan koran , sedang pelanggan merasa beruntung mendapatkan informasi yang diperlukan.
  4. System pemasaran MLM ( Multi Level Marketing ) yang semakin berkembang akhir-akhir ini merupakan metode penjualan ampuh yang banyak memberikan keuntungan bagi produsen (di internet “ pemilik program”) dan armada penjualan / sales yang tergabung menjadi member. Dengan model seperti ini produsen mendapatkan keuntungan didorong oleh dua hal yaitu produk/jasa yang berkualitas dan system jaringan penjualan.
  5. Al hasil system ini akhirnya diadopsi bagi pihak2 tertentu untuk semata mencari keuntungan melalui penjualan keanggotaan (referral) dengan mengesampingkan adanya produk/jasa yang diperjualbelikan.
  6. System bisnis di internet berbasis MLM yang fair dan tidak menjerumuskan / merugikan pihak tertentu adalah bahwa seorang pembeli tetap mendapatkan manfaat dari produk yang “bernilai guna” meskipun tidak menjual kembali sebagai menjadi reseller, karena tujuan utama adalah membeli barang yang memang diinginkan. MLM seperti ini sudah lama berkembang di masyarakat dengan men-distribusikan produk secara direct selling sebelum merebak di dunia online. Saya sendiri pernah bergabung dengan sun chlorella pada tahun 1989 di Yogyakarta, namun karena kesibukan lain keanggotaan tidak berumur lama.
  7. Sedangkan system bisnis yang tidak fair manakala seorang member hanya menyetorkan uang ke pihak pengelola dan atau sponsor/up line kemudian tugas barupun disandangnya untuk mencari down line sebanyak-banyaknya. Meskipun dengan merek dan judul program yang menarik namun karena tidak ada produk bermanfaat yang diperjualbelikan, ini akan memungkinkan seseorang menanggung kerugian manakala seorang member baru tidak mampu mengembangkan jaringan, karena niat bergabung adalah semata mencari keuntungan dengan cara cepat dan mudah, padahal dalam kenyataanya mengembangkan jaringan diperlukan kiat-kiat khusus dan dilakukan secara konsisten.
Jaringan online via Internet memiliki dengan segala kelebihannya namun di sisi lain terdapat sisi negative adalah hal yang musti dimaklumi, hal ini menuntut kita agar secara bijaksana dalam aktifitas yang menarik “ mencari rejeki” . Idealnya adalah kita dengan cerdas mengambil manfaat positifnya internet untuk mendapatkan income secara efektif, cara cepat, mudah dengan hasil melimpah namun rejeki yang didapatkan tetap dalam keadaan bersih, halal sehingga menunjang terhadap berkahnya hidup kita.
Sesuai dengan do’a :
“Allohummar-rzuq’na rizqon hasanan wasi’an halalan toyiban mubarokan wa anta khoirur-roziqiin”
Ya Alloh berilah kami rejeki yang baik , luas (melimpah), halal, baik(bersih) , barokah dan Engkaulah dzat yang sebaik-baik memberi rejeki.
Demikian sebagian tips yang dapat kami sampaikan, semoga kita sentiasa dibimbing dalam kebenaran dan dihindarkan dari keburukan cobaan hidup ini. Semoga kita dihindarkan dari mencari rejeki dengan cara-cara yang tidak diridhoiNYA, yang kelak membuat tidak berkahnya kehidupan kita, dan ancaman balasan di akhir nanti.
Dengan mengingat beberapa poin di atas, menurut hemat saya akhirnya merekomendasikan sebuah system bisnis di internet yang riel, ada produk utama yang bermanfaat, layak untuk dipertimbangkan dan diikuti.

Dengan beberapa point pertimbangan dan usaha yang dilakukan semoga Alloh SWT mempertemukan dengan bisnis yang cerah menghasilkan rejeki yang melimpah halal, barokah sebagai tambahan income untuk ditabung jadi bekal dalam perjalanan hidup kita.





NB: Apabila Saudara mendapatkan hasil dari bisnis di atas , sudilah menginfakan di jalan Alloh SWT (sodakoh) menetapi perintahNYA : “ wa mim ma rozaqnahum yunfiquun “ 
Dan dari sebagian rejeki yang Kami (Alloh) berikan kepada meeka (orang takwa), mereka meng-infakan. (Al-Quran Surah Al-Baqoroh (2);2
Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan, semoga Alloh memberikan barokah dan manfaat.
TTD.
Hari Wuryanto
087745580354 (WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar